Date:20 October, 2019

Tutorial Cara Unlock Bootloader (UBL) Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro 3/32GB (Kenzo)

Pada artikel ini saya akan mencoba share Tutorial Cara Unlock Bootloader Pada Xiaomi Redmi Note Pro (Snapdragon 650, Ram 3GB, Internal 32GB). Saya kurang tau cara ini bisa dilakuin di Xiaomi tipe lain atau tidak, jadi jika ada yang ingin mencobanya di type lain Do With Your Own Risk.

Apa itu Bootloader?
Bootloader adalah sebuah kode yang akan otomatis dieksekusi setiap Sistem Operasi (OS) berjalan. Dalam kasus ini, Sistem Operasi MIUI tidak akan berjalan tanpa Bootloader.

Apa Kekurangan Unlock Bootloader?
Garansi secara otmatis hilang, ini beralaku untuk smartphone xiaomi yang sudah masuk resmi kenegaranya (contoh di indonesia xiaomi redmi note 3 2/16GB). Bagi pengguna garansi distributor saya rasa tidak perlu terlalu pusing memikirkan garansi hilang.

Apa Kelebihan Unlock Bootloader?
1. Smartphone dapat di Root, Pada dasarnya semua smartphone berbasis android dapat diroot, Hanya saja jika bootloader terkunci maka smartphone tersebut tidak dapat melakukan rooting karena faktor keamanan.

2. Dapat melakukan flashing ROM, Ini sangat penting untuk kamu yang sering bergonta-ganti ROM dengan tujuan mendapatkan performa maksimal pada smartphonenya atau hanya sekedar ingin upgrade/downgrade.

3. Dapat memasang custom recovery (TWRP), Untuk kamu yang hobi utak atik android memasang custom recovery adalah hal yang wajib kamu lakukan.

Apa saja yang diperlukan untuk Unlock Bootloader?
Terartik dan ingin melakukan unlock bootlaoder pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro? siapkan dulu bahan-bahan dibutuhkan.

  • PC dengan sistem operasi windows 64bit
  • Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon 650 3/32GB
  • ROM Dev Global atau China Xiaomi Redmi Note Pro
  • Mi Flash Unlock Tool Offcial
  • Memiliki Mi Account
  • Koneksi Internet
  • Dukungan perangkat (Kabel USB original, Baterai terisi penuh, Android dalam keadaan normal)

Mengajukan permohonan Unlock Bootloader
Agar smartphone xiaomi dapat di unlock bootloadernya, kita harus mengajukan permohonan terlebih dahulu di halaman http://en.miui.com/unlock.

Setelah berada dihalaman Request, klik tombol Unlock Now lalu login menggunakan MI Account kalian masing-masing. Silahkan isi data sesuai dengan yang diminta dalam bahasa inggris atau china, baca juga resiko yang akan diterima setelah Unlock Bootloader disamping halamannya.

Jika sudah selesai maka akan muncul pesan “Application has been successfully submitted, please be patient review”. Setelah itu silahkan tunggu proses Review dalam waktu paling lama 30hari hingga mendapatkan SMS bahwa permohonan telah disetujui.

Cara Unlock Bootloader
Setelah mendapatkan SMS silahkan download Mi Flash Unlock Tool pada halaman http://en.miui.com/unlock/download_en.html. Ekstrak file tersebut kedalam komputer dan buka program bernama “MiFlashUnlock.exe” lalu login menggunakan Mi Account kalian.

Matikan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, lalu masuk kedalam mode fastboot dengan cara tahan vol down + power hingga muncul gambar mi bunny. Setelah masuk dalam mode fastboot sambungkan smartphone dengan komputer menggunakan Kabel USB original.

Setelah disambungkan maka Mi Flash Unlock Tool akan menampilkan status Phone Connected, Kalau sudah dalam status Phone Connected silahkan langsung klik tombol “Unlock” dan tunggu hingga proses selesai.

Cara mengatasi stuck di 50% saat Unlock Bootloader
Jika diantara kalian ada yang mengalami masalah “Couldn’t verify device” atau stuck di 50% saat proses Unlock Bootlader, bisa dipastikan saat ini ROM yang kamu gunakan adalah ROM Global Stable.

Silahkan ganti terlebih dahulu ke ROM Developer terbaru, download di halaman resmi http://en.miui.com/download-301.html dan flash melalui aplikasi updater.

Cara Flash ROM MIUI via Updater
Masuk kedalam aplikasi updater pada Kenzo, lalu klik “icon 3 titik” diatas kanan dan pilih “choose update package” dan cari ROM yang sudah di download sebelumnya. Jika sudah tunggu hingga proses update selesai dan kenzo akan otomatis restart.

Cara cek status Bootloader pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Untuk melihat apakah Xiaomi Redmi Note 3 Pro kita sudah benar-benar terbuka atau belum silahkan ikuti tahapan berikut ini:

  1. Masuk kedalam mode fastboot (Tahan Vol Down + Power).
  2. Sambungkan kenzo dengan komputer menggunakan kabel USB original.
  3. Buka folder Mi Flash Unlock hasil ekstrak sebelumnya.
  4. Pastikan ada fastboot.exe disana.
  5. Dalam folder hasil ekstrakan pencet Shift + Klik Kanan pada mouse, pilih open command window here.
  6. Ketikan perintah “fastboot oem device-info” tanpa tanda petik, lalu enter

*Perhatikan pada baris Device Unlocked jika typenya true maka Xiaomi Redmi Note 3 sudah dalam status unlocked, sebaliknya jika false maka statusnya masih terkunci.

Catatan :
Tutorial ini udah gua praktekin secara pribadi di Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Snapdragon 650 3/32GB) yang gua punya, jadi tutotial ini tidak ada unsur penipuan yang merugikan orang lain secara sengaja.

Gua gabertanggung jawab jika terjadi apa-apa pada smartphonenya, tapi gua akan coba bantu menyelesaikan masalahnya.  Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ketik ke kolom komentar ya.

Setelah UBL harap tidak melakukan update ROM melalui updater karena “katanya” jika di update via updater Bootloader akan ke lock kembali seperti semula. (gua belum coba jadi gua sisipin “katanya”).

Mungkin cukup sekian Tutorial Cara Unlock Bootloader (UBL) Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro 3/32GB (Kenzo), jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *