Date:23 August, 2019

Tutorial Cara Mengganti Icon Aplikasi Project di Android Studio

Icon pada sebuah aplikasi sangat diperlukan untuk membedakan aplikasi yang satu dengan yang lainnya. Demikian pula jika kita membuat aplikasi pada android, agar tidak membingungkan pengguna alangkah baiknya kita mempersiapkan “sesuatu” yang mudah diingat oleh pengguna, salah satunya dengan memberikan icon pada aplikasi android yang akan kita buat.

Secara default Android Studio sudah memasukan icon pada project yang kita buat, bagaimana jadinya jika semua orang yang mengembangkan aplikasi android menggunakan Android Studio tidak merubah default icon yang disediakan Android Studio? Mungkin android yang kita gunakan tidak akan berwarana, hanya akan ada sekumpulan icon berlogo kepala robot berwarna hijau.

Maka dari itu disini saya akan coba sedikit sharing Tutorial Cara Mengganti Icon Aplikasi Project di Android Studio. Sebelumnya saya asumsikan bahwa kamu sudah memiliki gambar berupa jpg/png untuk digunakan sebagai icon dan pastinya sudah memiliki project di Android Studionya.

Tambahkan Gambar yang ingin digunakan kedalam Project
Klik kanan pada folder app di project yang telah kita buat, lalu pilih New dan terakhir pilih Image Asset.

Pada jendela pengaturan image asset pilih Launcher Icon, Berikan nama gambar pada kolom Name agar memudahkan kita saat melakukan pemanggilan gambar tersebut. Untuk Asset Type pilih Image dan cari gambar yang sudah kamu siapkan pada kolom Path.

Memanggil Gambar Kedalam Project
Setelah kita menambahkan gambar yang kita ingin jadikan icon aplikasi, sekarang kita akan memanggilnya kedalam project, bukan memanggil sih lebih tepatnya mengganti gambar icon yang sudah disediakan oleh Android Studio dengan gambar yang kita inginkan.

Masuk kedalam android manifest.xml lalu perhatikan gambar dibawah, disana terdapat script android:icon=”mipmap/ic_launcher, ganti tulisan berwarna merah dengan nama gambar yang sudah kita tambahkan sebelumnya.

Mungkin cukup sekian Tutorial Cara Mengganti Icon Aplikasi Project di Android Studio, jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *