Review ASUS A455LN dengan NVIDIA Geforce 840M Maxwell Arsitektur

0 80

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 13 Oktober 2015 gua baru menggaet wanita baru berbody mulus dengan spesifikasi yang cukup sangar dikelasnya. Nah di artikel ini gua akan sedikit mengulas tentang si ASUS A455LN yang baru gua pinang ini.

Perlu diingat di artikel ini tidak ada maksud lain selain berbagi informasi dan dokumentasi pribadi, semua yang ditulis di artikel ini adalah pandangan menurut gua pribadi yang mungkin tidak semua orang setuju dengan apa yang gua tulis.

Langsung saja ke spesifikasi, Berikut ini spesifikasi standar ASUS A455LN yang berhasil gua karungin tapi selang beberapa hari gua langsung nambah RAM yang 8 GB DDR3L (Low Voltage) jadi total RAM sekarang itu 10 GB dan Operating Sytem yang gua gunakan Windows 10 Pro.

Processor : Intel Core i3-4030U (3M Cache, 1.9 GHz 2 Cores)
Operating System : DOS
Memory : Onboard memory 2 GB DDR3 (1600 Mhz)
Display : 14″ HD Color Shine (LED) res. 1366 x 768
Graphics : Intel HD Graphics 4400 & NVIDIA® GeForce® 840M 2GB
Storage : 500 GB (5400 rpm)
Camera : HD Web Camera
Networking : 802.11 b/g/n
Interface : 1x USB 3.0 , 2x USB 2.0

Screenshot CPU-Z
spesifikasi-cpu-laptop-asus-a455ln-di-cpu-z spesifikasi-memory-laptop-asus-a455ln-di-cpu-z
Screenshot GPU-Z
spesifikasi-graphic-card-intel-laptop-asus-a455ln-di-gpu-z spesifikasi-graphic-card-nvidia-geforce-840m-laptop-asus-a455ln-di-gpu-z
Sebelum lanjut kepembahasan gua akan sedikit nampilin penampakan si ASUS A455LN ini, maaf kalau burem ngambil fotonya pake hape jadul soalnye ._.

ASUS A455LN
laptop-asus-a455ln-box-dan-bonus-tas-asus
bagian-atas-laptop-asus-a455ln-terdapat-logo-asus
laptop-asus-a455ln
bagian-bawah-laptop-asus-a455ln-terdapat-bagian-untuk-membuka-slot-ram
sticker-intel-core-i3-dengan-nvidia-geforce-840m-di-laptop-asus-a455ln
bagian-samping-kanan-laptop-asus-a455ln
bagian-samping-kiri-laptop-asus-a455ln
Langsung kepembahasan aja yak masalah kinerjanya nanti dulu deh soalnya belum sempet Benchmarks sendiri, mungkin lain kali di update tapi enggak janji xD.

Install Sistem Operasi Windows 8.1 64bit & Driver

Kemaren hal yang pertama gua lakuin itu setelah bawa pulang ini laptop gua install windows 8.1 tanpa aktivasi terlebih dahulu karena emang belum yakin bakal enak di windows 8.1 jadi gua mutusin belum beli lisensinya. Nah setelah install sistem operasi gua install deh Drivernya yang ada di Disk bawaan.

Kalian tau ? gua kesel banget pas install driver. Setiap nginstall 1 driver/software laptop langsung reboot sendiri sedangkan ada 18 driver/software yang harus di install. Jadi si laptop mati-nyala mati-nyala mulu dan itu enggak sebentar butuh waktu beberapa lama dan mungkin ditinggal tidur siang juga bisa.

ya gua sih berasumsi mungkin laptop emang gini beda sama PC (yap gua baru pertama punya laptop dan mungkin kebiasaan megang PC dirumah). Tapi setelah gua inget inget lagi gua pernah install ulangin laptop temen kampus dengan merk yang berbeda tapi waktu install driver enggak harus reboot dulu deh dan asumsi gua pun berubah asumsi jadi mungkin laptop asus emang gini karena gua juga samar samar inget pernah ada yang bilang kalau laptop asus itu install drivernya sering reboot/restart otomatis.

Padahal kan lebih enak kalau installin dulu semua drivernya baru deh reboot 1 kali. lebih effisien menurut gua. Ya gua sih fine fne aja mungkin ASUS ingin tampil beda dari yang lain, gatau juga deh xD.

Upgrade RAM to 10 GB (2 GB DDR3 + 8 GB DDR3L Kingston)

Setelah selang beberapa hari gua kebetulan dapet duit tambahan jadi gua niat buat naikin RAM ke 10 GB dengan menambah 8 GB di slot 1 yang bisa bongkar pasang RAM, Di onboardnya untuk yang core i3 ini RAMnya cuma 2 GB dan gua rasa itu kurang.

Gua datang deh ke toko yang kemaren gua beli ini laptop gua tanya harga RAM DDR3L yang 8 GB berapa. Pertama ditawarin merk V-GEN yang 8 GB dengan harga 725k setelah gua coba pasang ternyata pas dinyalain laptop gamau nyala gua cek ulang pemasangnya sih udah bener nah gua coba yang 4 GB dulu dan hasilnya bisa laptop mau nyala. tapi gua rasa 4 GB tanggung banget mending sekalian yang 8 GB.

Gua coba deh pake merk lain yaitu Kingston 8 GB dengan harga 775k bisa nyala dan kedetect dual channel juga di CPU-Z gua sikat deh barangnya. Gua gatau kenapa kalau V-GEN enggak ke detek padalah type-nya sama kaya yang kingston. tapi bodo amatlah yang penting udah 10 GB pikir gua xD.

Ada yang bilang RAM itu harus sejajar kalau mau dual channel jadi harus 2 GB + 2 GB jangan 2 GB + 8 GB kalau enggak gitu percuma nambah RAM yang 8 GB karena hasilnya RAM 8 GB cuma jadi pajangan, tapi ada juga yang bilang enggak apa apa selagi di CPU-Z kebaca Dual Channel. Sempet galau juga gua sama pernyataan tadi tapi setelah gua coba sendiri ternyata gaada masalah karena kalau ram 8 GB cuma jadi pajangan gamungkin kuat ngangkat game berat. Tapi gatau juga kedepannya mungkin ada maslaah atau enggak semoga saja sih enggak ada (/.\)

Install Sistem Operasi Windows 10 Pro 64bit + Update Driver VGA & WiFi

Seperti feeling gua, ternyata windows 8.1 itu menurut gua kurang nyaman banget untungnya belum beli lisensi windowsnya jadi enggak terlalu nyesek lah. Nah buat yang mau install Windows 10 di laptop ini baca baca dulu ya karena gua sendiri waktu itu susah nyari bacaan begini nanya pun jawabannya kurang memuaskan.

Setelah penuh keyakinan gua pun install windows 10 Pro 64bit karena PC juga sekarang pake windows 10 dan inituh nyaman banget dipakenya tampilan juga asik enak diliat, setelah install sampailah pada saat saat yang ditunnggu tunggu yap install driver yang membutuhkan waktu lumayan lama, gua install deh itu driver sambil nunggu gua main game di PC dan gua hiraukan si Laptop setelah gua main game gua tengok dah si laptop dan apa yang terhadi ? “lah ini ko malah blank item” itu perkataan gua pas awal liat layar laptop yang dari tadi item mulu.

Gua punya firasat ada driver yang enggak kompatibel sama windows 10, setelah searching ke forum luar dan lokal nemu deh ternyata bener driver VGA Nvidea-nya enggak support jadi gua download manual dah di PC sambil nunggu downloadan kelar gua install ulang lagi itu laptop karena emang bener bener ngeblank gamau masuk desktop.

oke setelah install windows 10 dan driver gua installin software software yang menurut gua penting kayak steam sama origin ._. eleh sekarang nemu masalah WiFi limited access mulu gamau konek udah gua coba semua tips yang ada di mbah gugel sampe langsung nanya ke Telkom Speedy via Twitter, Tapi enggak ada yang berhasil WiFi pun masih Limited. Gua tanya ketemen katanya coba uninstall driver wifinya terus restart udah gua coba dan ternyata berhasil (untuk beberapa menit doang setelah itu limited lagi -_-).

Dan gua pun mulai berasumsi kemungkinan drivernya perlu gua update gua download dah driver WiFi via website resmi ASUS dan taraaaa berhasil sampe sekarang WiFi Connected teruuuuuuus xD

Jadi gua saranin bagi yang mau install windows 10 di laptop ini download dulu Driver VGA untuk windows 10 sama WiFi yang terbaru, kalian bisa download driver di Situs Resmi ASUS A455LN jangan lupa sesuaikan type CPU sama OS yang digunakan.

Merawat Baterai Laptop

Belakangan ini gua lagi fokus merhatiin tentang baterai laptop ini karena banyak temen temen yang komplain dan bertanya cara merawat baterai yang tertanem itu gimana. Jadi gua pun mulai ngobrak ngabrik google sampe nemu beberapa pendapat.

oh iya laptop ini baterai-nya enggak bisa cabut pasang sesuka hati kita ya soalnya batrenya ketanem di dalem kalaupun mau buka cabut baterainya berarti kita harus bongkar laptopnya yang kemungkinan ngilangin garansi (?) , Gua gatau lebih bagus mana antara baterai yang bisa lepas pasang atau yang tanem kayak gini. Ada yang bilang laptop tanem lebih awet dari pada yang lepas pasang tapi gua gatau itu bener atau enggak semoga saja sih benar xD

nah untungnya laptop ini ada feature auto cut chargenya jadi kalau baterai udah penuh gaada tegangan yang masuk ke si laptop walaupun adapter masih terpasang. Setelah cari cari informasi mengenai cara merawat baterai gua nemuin beberapa kesimpulan sebagai berikut

Untuk main game alangkah baiknya laptop dalam keadaan tersambung ke adapter, hindari bermain game berat saat hanya menggunakan baterai (tanpa menyambungkan adapter)
Hindari kalibrasi (benar benar mengosongkan baterai lalu mengisinya hingga penuh kembali), karena itu akan berdampak pada battery cycle
Jika memadai sebelum menyalakan laptop pasang adapter terlebih dahulu selama 5 menit lalu nyalakan, dan saat mematikan laptop shutdown dan tunggu 5 menit stelah mesin mati cabut adapter.
Harga Asus A455LN

Laptop ini dibanderol dengan harga Rp 5.900.000 , tapi kemaren pas gua beli cuma IDR 5.700.000 karena waktu beli gua bawa bokap gua yang memang pemilik tokonya kenal sama bokap gua ._. mayan 200rb masih aman dikantong xD dan 5.700.000 udah termasuk beberapa perlengkapan yang gua sebutin diatas ,bokap gua emang the best lah xD~

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
1. VGA Generasi baru Maxwell Architecture
2. Desain slim
3. Suara speaker lumayan berasa
4. Keyboard chiclet, nyaman ngetik lama
5. Aluminium case, kokoh
Kekurangan
1. RAM disolder langsung di motherboard (onboard memory), jadi cuma ada 1 slot RAM yang accessible
2. Baterai non-removable, harus ke service center kalau mau replace
3. Slot USB 3.0 cuma 1 buah
4. Tidak ada indikator Caps Lock
5. Tombol power tidak diberi LED
6. Install Driver kebanyanakan reboot jadi butuh waktu yang lumayan lama
Kesimpulan . . .

Gua sempet nyesel ambil yang core i3 karena setelah di pikir pikir harga laptop yang 5.700 + RAM yang harganya 800 bisa ambil yang core i5 dengan nambah beberapa ratus ribu lagi, tapi emang waktu itu budget cuma 6jt dan setelah beberapa hari ambil itu laptop baru dapet lagi duit tambahan yang memungkinkan buat ambil core i5. ya nasi udah jadi nasi goreng mau gimana lagi jadi di syukuri aja 😀

nah buat yang budgetnya mentok di 6jt gua saranin ambil ini karena gua rasa ini paling mantep dengan budget 6jt, ada seri lain dari ASUS dengan kubu merah yang kemungkinan lebih mantep dan harga tidak jauh beda. tapi sayangnya dia dual graphic dan dual graphic belum support di semua game jadi gua rasa percuma ambil yang itu karena kalau game yang enggak support dual graphic dia akan pakenya graphic pertama yang VRAMnya sangat kecil ._.

kalian juga bisa lihat di gambra screenshot GPU-Z diatas, ada 2 screenshot dengan Intel HD Graphics 4400 dan NVIDIA® GeForce® 840M 2GB, nah enggak kaya yang gua bilang diatas laptop ini ada 2 graphic juga cuma bedanya kalau lagi kerjaan biasa dia pake yang intel HD dan kalau lagi maen game atau render berat dia otomtais pake yang NVIDIA 840M. Gua rasa sih ini berfungsi biar baterai enggak boros juga karena ada kemungkinan kalau cuma pake yang 840M baterai bakal cepet boros.

Special thanks buat yang kemaren udah bantu rekomendasiin laptop ini maupun laptop lain, sekarang siap dah jauh jauh dari komputer soalnya udah ada pengganti xD tapi anehnya lebih enak di komputer dari pada laptop , apa mungkin karena udah terbiasa di komputer dari pada di laptop ? ntahlah xD

Gua rasa cukup sekian ulasan gua tentang ASUS A455LN , kalau ada problem atau yang lainnya gua akan usahain buat update artikel ini. Maaf kalau ada pernyataan gua yang keliru dan jika ada yang ingin menambahkan dan mengoreksi bisa langsung tulis komentar di kolom komentar dibawah postingan ini.

Akhir kata, gua harap artikel ini bermanfaat bagi yang lagi nyari laptop dengan performa yang bisa dikatakan lebih dari cukup dengan budget mentok di 6.000.000. dan sekali lagi gua patenkan kalau artikel ini tidak ada maksud lain selain berbagi informasi dan dokumentasi pribadi, semua yang ditulis di artikel ini adalah pandangan menurut gua pribadi yang mungkin tidak semua orang setuju dengan apa yang gua tulis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.