Date:13 December, 2019

4 Rekomendasi Plugin Cache WordPress Terbaik Untuk Mempercepat Website

Plugin Cache adalah salah satu plugin yang wajib diinstall pada situs WordPress kamu, dengan menggunakan Plugin Cache kamu dapat meningkatkan performa situs tersebut secara drastis.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika loading pada situs kamu cepat. Beberapa contohnya adalah pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk mengakses sebuah halaman, dan juga dapat meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan 4 Rekomendasi Plugin Cache WordPress Terbaik Untuk Mempercepat Website kamu sesuai dengan yang pernah saya coba pakai sebelumnya maupun yang masih saya pakai saat ini. Berikut daftarnya:


4. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah salah satu plugin cache WordPress terbaik untuk meningkatkan kinerja sebuah situs. Plugin ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna dan sudah mendapat 3000 review positif. Konfigurasi pada W3 Total Cache sedikit lebih rumit dibandingan dengan plugin-plugin yang akan saya sebutkan dibawah.

Dulu waktu pertama belajar WordPress saya sendiri cukup kebingungan dengan konfigurasi-konfigurasi yang disediakan pada halaman panel W3 Total Cache, sehingga pada saat itu performa situs saya bukannya meningkat malah menurun.

W3 Total Cache tidak saya rekomendasikan untuk pengguna baru namun sangat cocok untuk pengguna yang sudah berpengalaman (expert) sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan.

3. WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin 100% Gratis yang dikembangkan oleh perusahan Automattic yang dimana perusahaan tersebut juga ikut berkontribusi pada wordpress.org sehingga produk-produk yang dikembangkan perusahaan Automattic tidak perlu diragukan lagi.

Pada plugin ini kamu dapat memilih opsi konfigurasi cache, opsi Easy menawarkan konfigurasi yang sederhana namun hasilnya cukup memuaskan sehingga cocok bagi para pemula dan opsi Advanced ditujukan untuk pengunna yang sudah berpengalaman.

2. WP Fastest Cache

WP Fastest Cache adalah plugin gratis yang cukup populer dikalangan pengguna WordPressdimana saat ini sudah ada lebih dari 1 juta pengguna aktif dan  2600 review positif. Plugin ini memiliki panel yang cukup mudah untuk dikonfigurasikan namun untuk menggunakan beberapa fitur unggulan seperti alat pengoptimalan gambar dan sederet fitur keren lainnya harus membayar sebesar $39 atau setara Rp 550.000,-

Saya pribadi baru mencoba WP Fastest Cache yang versi gratisnya jadi belum bisa banyak pendapat tentang versi premiumnya. Tapi saya rasa untuk versi gratisnya sendiri sudah cukup untuk situs-situs blog pribadi.

1. WP Rocket

WP Rocket adalah plugin cache terbaik menurut saya, plugin ini merupakan plugin premium yang dimana kamu perlu membeli lisensinya terlebih dahulu agar dapat digunakana pada situs WordPress kamu. WP Rocket memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki plugin cache lainnya dan dikemas dengan sangat sederhana agar pengguna dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pada plugin ini sehingga WP Rocket memang pantas sangat pantas dijadikan Plugin Cache berbayar.

Kamu bisa membeli plugin WP Rocket ini seharga $49 atau setara Rp 700.000,- untuk satu website dan dukungan update selama satu tahun penuh. Jika kamu menginginkan lisensi WP Rocket lebih dari satu kamu dapat melihat daftar harga yang ditawarkan pada halaman https://wp-rocket.me/pricing/.

Saya sendiri sudah menggunakan WP Rocket untuk beberapa project website saya, salah satunya https://www.exploid.gg. Dan memang untuk konfigurasinya sendiri bisa saya katakan lebih mudah dari konfigurasi plugin-plugin yang saya sebutkan diatas, terlebih lagi dukungan customer service yang sangat cepat dibalas pada setiap email/ticket yang pernah saya lontarkan.


Itulah beberapa plugin cache untuk WordPress yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat loading halaman situs kamu, atau jika teman-teman lain memiliki rekomendasi lain bisa dituliskan pada kolom komentar. Semoga artikel ini membantu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *